Kamis, 03 Mei 2012

Perbaikan Pendidikan Sangatlah Diperlukan

Tak ada salahnya pula jika kita melihat sisi lain dari dunia pendidikan di indonesia yang cenderung menjadi bisnis pendidikan karena ulah para oknum tertentu. Tak jarang pula bahwa kebanyakan para siswa yang sekolah atau kuliah hanya untuk mencari selembar ijasah dengan cara apapun meski termasuk perbuatan yang tidak baik.
Kasusnya ketika kita masih sekolah,pada umumnya banyak materi yang sebenarnay tidak perlu terlalu dipermasalahkan,akan tetapi banyak oknum yang menjadikan pendidikan sebagai bisnis pencetak uang. Siswa itu manusia ,bukablah alat untuk mencetak uang. Disini dapat kita lihat dengan maraknya lembaga yang mengatas namakan pendidikan untuk memberi bimbngan belajar pada seorang anak atau siswa,dalam bimbingan tersebut anak didoktrin dengan teori-teori instan yang sebenarnya tidak baik untuk perkembangannya. Akan tetapi hal ini tetap saja dilakukan oleh oknum tertentu,bukankah belajar dilakukan melalui proses yang bertahap? Lebih ironis lagi ketika(mohon maaf) banyak sekali kasus kecurangan dalam UAN yang semakin membudaya. Hal ini adalah hal yang menjadikan siswa malas untuk belajar dan cenderung mengejar nilai,bukan mengejar pengetahuan,perlu disadari bahwa pada era sekarang ini pendidkan formal hanya sebagai syarat untuk mencari ijasah bukan sarana mencari ilmu ataupun pola pikir yang lebih baik.
Hal tersebut  yang  ironis dan perlu kita renungkan bersama untuk membuat dunia pendidikan menjadi lebih baik dengan cara :
1.      Kita buka kembali mengenai prinsip dasar dalam hal pendidikan
2.      Kita tahu bahwa pendidikan bukanlah bisnis
3.      Pada dasarnya Proses pada pendidikan lebih  ditekankan kepada proses bukan orientasi pada hasil
4.      Pentingnya pelatihan softskill dalam dunia pendidikan kepada siswa

(thanks,semoga bermanfaat)
By : ARI TRI WINARNO(PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNNES 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar